Breaking News
recent

KHASIAT UBI JALAR

Ubi Jalar
Ubi Jalar
UBI JALAR
Pt. Em. Kuasa Bukit

Skyliblary, KHASIAT UBI JALAR - Ubi jalar nama ilmiahnya ialah Ipomoea Batatas. Disebut ubi jalar karena daun dan batangnya menjalar atau melata dipermukaan tanah Di Jawa disebut ketela rambat, di Papua disebut ruwe dan sweet potato bahasa inggrisnya. Orang Karo menyebutnya gadung njoler atau gadung garang. Dan banyak lagi nama sesuai dengan daerahnya masing-masing. Asal ubi rambat ialah Amerika Tengah, dibawa orang Eropa ke Spanyol sekitar tahun 1600. Kemudian dibawa pedangang Portugis ke Afrika, Asia termasuk Indonesia. Bangsa kita umumnya masih memandang rendah terhadap ubi jalar, hanya sebagai makanan selingan dengan direbus, digoreng, dikolak dan lain-lain. Lain dengan diluar negeri seperti di Cina, Taiwan, Jepang, Korea dan Amerika Serikat, ubi jalar sudah diperlakukan sebagai bahan pangan dan diolah oleh industry makanan dan dikemas dalam kaleng dan kemasan lainnya yang menarik. Industri tekstil, lem, kosmetik, farmasi dan produk minuman juga menggunakan ubi jalar sebagai bahan baku. (Suwarto Sukiman, dosen Institut Pertanian Bogor, Intisari Juni 2009)

KANDUNGAN UBI JALAR
Sebenarnya ubi jalar merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting di Indonesia. Selain penghasil karbohidrat dan sumber kalori ubi jalar juga mengandung beberapa vitamin dan mineral. Karena itu ubi jalar bisa menjadi alternatif makanan pokok pengganti beras dan jagung. Kandungan karbohidratnya diurutan keempat setelah padi, jagung, dan ubi kayu. (Suwarto Sukiman). Menurut penulis khasiat ubi jalar setara dengan beras tumbuk dan bahkan lebih super dari beras giling, karena beras giling telah hilang kulit arinya sehingga kandungan serat, mineral dan vitamin telah menurun atau hilang. Di Papua, ruwe atau ubi jalar menjadi makanan pokok bagi saudara – saudara kita disana. Badan mereka kekar dan kuat karena itu jangan didorong saudara – saudara kita itu menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Tingkatkan pengetahuan mereka bercocok tanam serta ajari bagaimana mengolah ubi rambat menjadi sumber pangan sehari – hari serta menjadi makanan yang lebih bervariasi.

BEBERAPA KHASIAT UBI JALAR
Selain mengandung karbohidrat yang tinggi (kadar lemaknya sangat rendah.) ubi jalar juga mengandung serat, betacaroten, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalsium, zink, kalium, besi (fe), fosfor dan mangan. Betacaroten dalam ubi rambat (bahan pembentukan vitamin A dalam tubuh) cukup tinggi. Makin pekat warna jingganya makin tinggi kadar betacarotennya. Warna jingga memberi petunjuk tingginya senyawa karetenoid yaitu lutein dan zeaxanthine, senyawa aktif yang memiliki peran penting
mengalangi proses perusakan sel.

  • Mencegah penyakit jantung, stroke, kanker dan katarak Tingginya kandungan betakarotene dalam ubi jalar hanya dapat dibandingi oleh wortel dan rumput laut. Bahan makanan dengan kandungan betakarotene tinggi dan disertai dengan kandungan vitamin C dan E, bila dikonsumsi secara teratur akan sangat membantu mencegan dan menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, beberapa jenis penyakit kanker dan katarak (Sjahmien Moehyi, Ahli Gizi, 30 Makanan Super, Papas Sinar Sinanti 2012)
  • Memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria. Ubi jalar warna merah kekuningan mengandung vitamin E lebih tinggi dari pada warna putih Vitamin E sangat baik memelihara kesehatan kulit dan juga memelihara kesuburan seperma pria
  • Mencegah Anemia Anemia atau kurang darah akibat kekerungan zat besi sering terjadi pada wanita terutama pada masa hamil. Zat besi yang terdapat pada ubi jalar dapat membantu mencegah kekurangan darah (anemia). Untuk mencegah anemia bagi wanita dipedesaan terutama yang sedang hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi ubi jalar merah jingga atau kuning secara teratur.
  • Daun Ubi Jalar Selain umbinya, daun ubi jalar yang lembut dan ada rasa sedikit manis bisa dibuat sayur atau direbus sebagai lalapan. Di Jawa Tengah daun ubi jalar sebagai komponen masakan tradisional yang disebut Brambang Asem. Daun ubi jalar direbus/ dikukus dimakan dengan sambal cair yang pedas ditambah brambang dan gula merah.
PENUTUP/ SUMMARY
Dengan mengetahui kandungan ubi jalar yang sarat dengan gizi seyogianya pemerintah mengangkat ubi jalar sebagai alternatif makanan pokok yang sejajar dengan beras. Menanam/ memproduksi ubi jalar tidak terlalu sulit lebih mudah dari padi. Negara kitapun tidak perlu repot – repot mengimpor beras, selain menguras devisa, selalu ada bentuk korupsi dibelakangnya. Keuntungan lainnya ialah, para petani kita akan terpacu untuk lebih produktif dan akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Jakarta 15 Feb 2014
Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Bagi para blogwalking maupun visitor yang ingin berkomentar harap dengan sopan santun dan tidak melakukan promosi dalam bentuk apapun baik Iklan, URL live link ataupun tidak. Maka komentarnya akan ditampilkan. Terima kasih untuk kita semua. Salam Blogwalking

Powered by Blogger.